Soros Akan Takeover Roma?

Perputaran uang dalam sepakbola modern sungguh luar biasa. Tidak heran, banyak tokoh populer dunia kini turut ambil bagian dalam sepakbola, dengan berperan sebagai pemilik. Contoh paling mudah dapat dilihat pada Liga Inggris, di sana dapat ditemui Roman Abramovich (Chelsea), duet Amerika Tom Hicks-George Gillett (Liverpool), dan Thaksin Sinawatra (Manchester City). Kini ada satu nama lagi yang dikabarkan ingin turut ambil bagian sebagai pemilik klub sepakbola, yakni George Soros.

Beberapa pekan belakangan, media-media di Italia ramai memberitakan kalau AS Roma akan menjual sahamnya, lantaran perusahaan yang menguasai saham mayoritas Roma, Italpetroli, terlilit hutang sebesar 370 juta Euro. Beberapa pebisnis Amerika telah menyatakan minat mereka, namun perhatian paling serius ditunjukkan oleh Soros.

Harian Italia La Repubblica melansir berita yang menyatakan bahwa spekulan Amerika ini sedang menimbang-nimbang niatnya tersebut. Dalam waktu dekat Soros akan memeriksa keuangan Roma, sebelum ia mengambil keputusan apakah dirinya jadi melakukan take over pada klub berjuluk Giallorossi tersebut dalam waktu sepuluh hari. Sebagai bagian dari rencananya menguasai Roma, Soros ingin membangun stadion baru, dan akan mengikuti langkah Arsenal yang pindah dari Highbury ke Emirates pada 2006.

Spekulasi ini makin berhembus kencang saat, perwakilan administrasi Roma, Rosella Sensi, yang merupakan putri Presiden Roma Franco Sensi, tidak terlihat batang hidungnya kala Roma menjamu MU di perempat final Liga Champions, Rabu lalu (09/04). Diduga, saat itu ia melakukan pertemuan atau negosiasi dengan pihak Soros terkait wacana pembelian klub tersebut.

Namun Sensi segera menampik rumor tersebut dengan mengatakan bahwa saat itu dirinya menderita flu. Walau begitu ia menolak memberi komentar apapun terkait isu pembelian Roma oleh Soros. “Saya sakit dan harus beristirahat di rumah karena flu, meskipun terdapat kebohongan pada kabar-kabar yang menjelaskan mengapa saya absen saat pertandingan kontra Manchester (United),” selorohnya.