Racing Tanpa Garay

Racing Santander untuk sementara berada di posisi kelima klasemen La Liga Spanyol dengan 50 poin dari sisa tujuh pertandingan. Peluang merebut jatah tiket ke Liga Champions musim depan terbuka mengingat Racinguistas—julukan bagi Racing—hanya terpaut tiga poin dengan Atletico Madrid di posisi keempat. Jika pun apes, Racing cukup puas tampil di Piala UEFA.

Untuk mengamankan posisi saat ini saja cukup berat. Sevilla dan Espanyol di posisi keenam dan ketujuh sama kuat mengusung ambisi serupa. Sevilla terpaut dua, sedangkan Espanyol lima poin. Perburuan tiket ke kancah Eropa kian berat bagi Racing setelah mendapati palang pintu andal Ezequiel Garay absen sampai akhir musim.

Racing mengkonfirmasi bahwa Garay tidak akan merumput di tujuh partai sisa karena cedera lutut. Cedera yang diderita sewaktu menghadapi Getafe, Maret lalu. Diagnosa awal memperkirakan Garay absen enam pekan. Jadi paling tidak jika sesuai jadwal masih tersisa dua partai terakhir Garay bisa kembali merumput.

Namun malang tak dapat ditolak. Kondisi defender berusia 20 tahun mengalami kemunduran pekan ini. Membuat Racing tidak bisa mengharapkan jasa defender internasional Argentina itu lagi musim ini. Dengan banyaknya klub besar Eropa yang tertarik padanya maka bisa diperkirakan musim panas nanti Garay tidak lagi bersmaa Racing. Barcelona, Real Madrid, Liverpool, Manchester United dan Tottenham Hotspur diyakini menjadi klub yang berlomba mendapatkan tanda tangannya.

Absennya mantan defender Newell’s Old Boys membuat pusing Marcelo Garcia. Pelatih Racing itu mau tidak mau memaksimalkan tenaga defender lain seperti Cesar Navas, Oriol Lozano dan Jose Moraton. Beratnya, Racing masih akan berhadapan dengan empat tim yang menghuni posisi teratas di klasemen.

Sementara Garay dipastikan tutup musim, Racing berharap banyak dua pemainnya yang diterpa cedera berkepanjangan bisa segera pulih. Gelandang Jordi Lopez dan Damian Ismodes, pemain yang ditransfer Januari lalu, menunjukkan kesembuhan secara signifikan. Dalam dua pekan kedua pemain diperkirakan sudah bisa beraksi kembali.