Ronaldo Calon Kuat Peraih PFA Award

Cristiano Ronaldo memimpin daftar nominator pemain terbaik Liga Premier Inggris 2008 versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA). Istilah lainnya PFA Player of the Year. Winger Manchester United itu tahun lalu tercatat berhasil merebut gelar serupa.

Ronaldo bersaing dengan lima kandidat lain. Mereka yakni duo Arsenal, Cesc Fabregas dan Emmanuel Adebayor, duo Liverpool, Steven Gerrard dan Fernando Torres, serta penjaga gawang veteran Portsmouth, David James. Ronaldo, Fabregas dan Torres juga bersaing merebut gelar PFA Young Player of the Year—gelar yang tahun lalu juga direbut Ronaldo.

Untuk PFA Young Player of the Year, Ronaldo, Fabregas dan Torres ditemani oleh duo Aston Villa, Gabriel Agbonlahor dan Ashley Young serta defender Manchester City, Micah Richards. Kedua gelar itu sulit pindah ke pemain lain karena Ronaldo juga kuat diusung meraih gelar Pemain Terbaik Dunia versi FIFA setelah tahun lalu berada di posisi antara Kaka (AC Milan) dan Lionel Messi (Barcelona).

Ronaldo juga didukung oleh penampilannya yang memberi banyak kontribusi nyata bagi MU yang memiliki kans merebut gelar ganda musim ini, Liga Premier dan Liga Champions. Total musim ini ia mengoleksi 37 gol. Total 27 gol di antaranya di Liga Premier dan memimpin daftar top skorer. Raihan yang melampaui rekor winger terproduktif MU yang dipegang George Best dengan 32 gol.

“Perdebatan mengenai siapa lebih, dia atau George Best akan terus berlanjut,” ujar Chief Executif PFA, Gordon Taylor kepada The Guardian. Akan tetapi, “Buat Ronaldo melampaui raihan gol George (Best) dari pososi yang bermain melebar sangat fenomenal. Belum lagi tendangan bebasnya yang sangat luar biasa.

Catatan mengesankan juga ditorehkan Torres. Penyerang Timnas Spanyol itu mampu mengoleksi total 29 gol di musim pertamanya sejak dibeli 26,5 juta pound dari Atletico Madrid musim panas lalu. Torres dianggap mampu meneruskan keganasan pemain Liverpool bernomor punggung 9 dalam menggerayangi gawang lawan.

Untuk Fabregas dan Gerrard keduanya merupakan pemain yang mampu menjaga konsisitensi performa. Kedua gelandang tahun lalu juga masuk ke dalam nominasi. Catatan mengesankan dibukukan James yang sudah tidak muda lagi. Penampilan gemilang kiper berusia 37 tahun itu ikut membuat Portsmouth sebagai calon kuat juara Piala FA dengan menggulingkan MU di babak perempatfinal. Performa matang membuat James dipercaya kembali mengisi kiper utama Timnas Inggris.