Nerazzuri Boyong Hleb?

Sudah sejak sebulan belakangan Inter Milan dihubung-hubungkan dengan gelandang serang Arsenal, Alexander Hleb. Maret lalu, Hleb dikabarkan menggelar pembicaraan rahasia dengan kubu Nerazzuri. Ironisnya, pembicaraan itu dilakukan ketika Arsenal sedang berlaga kontra AC Milan di Liga Champions.

Kabar itu membuat Arsene Wenger ‘kebakaran jenggot’. Manajer Arsenal itu merasa Inter bermain lewat jalur belakang, atau melakukan pendekatan dengan pemainnya menggunakan cara-cara ilegal. Wenger sempat mengancam Inter pada otoritas sepakbola Eropa (UEFA) (Baca: Wenger Wanti-wanti Inter).

Lantas kabar itu dibantah keras kubu Inter. Agen Hleb yang juga ada di Kota Milan saat itu juga menyatakan kliennya keluar hotel hanya untuk jalan-jalan sambil mencari es krim. Entah mana yang benar. Yang pasti, Sabtu (12/04) ini, tersiar laporan dari sejumlah media Italia bahwa Hleb menyetujui untuk bergabung dengan Nerazzuri.

Gelandang internasional Belarusia itu setuju kontrak lima tahun yang disodorkan Inter dengan nilai transfer 11 juta pound atau Rp 200,2 miliar. Bayaran yang akan diterima Hleb, 26 tahun, sekitar 2 juta pound (Rp 36,4 miliar) per tahun atau lebih dari Rp 755 juta per pekan. Jika benar fee sudah tercantum, logikanya berarti Arsenal sudah memberi lampu hijau.

Jatuhnya pilihan Inter pada Hleb dilandasi pada tidak pastinya Luis Figo menentukan sikap. Pernah Figo menyatakan gantung sepatu setelah musim ini berakhir, tapi di lain sisi ia ingin bertahan di Inter. Isu kuat juga berkembang kalau gelandang gaek Portugal itu ingin bergabung dengan David Beckham ke Amerika Serikat guna menyemarakkan Major League Soccer (MLS), sebelum kembali ke Portugal meretas karir pelatih.

Kandidat suksesor Figo di Inter termasuk juga Deco. Tapi Inter enggan karena gelandang Barcelona itu sudah terlalu tua. Selain itu ada juga winger potensial Spanyol yang bermain untuk Sevilla, Diego Capel. Sementara Hleb berhembus rumor juga diminati oleh Barcelona. Utamanya, Inter mambutuhkan seorang gelandang yang bisa bermain apik di posisi melebar.