Atletico Berencana Rombak Posisi Kiper

Atletico Madrid sudah mempertimbangkan rencana perombakan dalam tubuh tim sebelum musim kompetisi 2007-08 berakhir. Posisi utama dalam skema perombakan yakni penjaga gawang. Langkah yang kemungkinan untuk menyongsong kiprah Los Rojiblancos di Liga Champions musim depan.

Atletico sampai sejauh ini tidak memberi jaminan bakal mempertahankan dua kiper utama saat ini Leo Franco dan Christian Abbiati, nama terakhir merupakan kiper pinjaman dari AC Milan. Oleh karena itu Atletico sudah memasang radar siapa kiper yang nantinya akan direkrut di bursa transfer mendatang.

Posisi di bawah mistar gawang merupakan posisi paling bermasalah buat Atletico musim ini. Leo Franco lebih banyak menghabiskan waktu menjalani masa penyembuhan dari cedera yang diderita. Sedangkan Abbiati penampilannya angin-anginan. Kadang tampil bagus tapi tidak jarang membuat kesalahan fatal yang berakibat tim kehilangan banyak poin.

Minusnya rapor penjaga gawang tidak terlepas dari jajaran direksi di Vicente Calderon. Langkah konkret harus segera diambil untuk mencegah defisiensi itu terulang di musim depan. Sejatinya untuk berlaga di level Liga Champions. Kesalahan harus mampu dieliminir seminimal mungkin.

Seperti dilansir Goal, di posisi teratas ditempati oleh kiper asli Spanyol yang merumput di Liga Premier Inggris bersama Liverpool, Jose ‘Pepe’ Reina. Reina menjadi incaran nomor wahid jika bujet transfer tersedia. Bisa dimaklumi karena Liverpool jelas berkeras hati melepas kiper anadalannya. Terutama Reina baru saja diikat kontrak baru musim panas lalu (Baca: Komitmen Reina Buat The Reds).

General Director Atletico, Miguel Angel Gil Marin telah membuka dialog dengan Reina. Isinya adalah menanyakan kemungkinan Reina untuk kembali ke Spanyol. Tapi sepertinya sulit bagi Ateltico mendapat restu dari Liverpool. Penampilan brilian Reina menjadi salah satu penyokong utama keberhasilan Liverpool menjaga performa di Liga Champions. Tidak bisa dipungkiri juga keengganan The Reds melepas pemain kuncinya.

Penolakan itu sudah tercium Atletico. Sasaran selanjutnya sudah harus dicari. Atletico membidik dari pasaran lokal saja. Miguel Angel Moya yang tergabung di Real Mallorca jadi target potensial berikut. Menyusul berikutnya ada Sergio Asenjo di Real Valladolid dan Diego Alves yang menawan bersama Almeria.

Para kiper yang sudah jadi itu diharapkan bisa menjembatani rentang waktu menunggu panen dua kiper mudanya Roberto dan David De Gea. Keduanya masih akan dipinjamkan ke klub lain untuk menimba pengalaman. Rencana jangka panjang Roberto dan De Gea sudah bisa berkiprah di level elite pada musim kompetisi 2009-10. Tapi mengingat bujet transfer yang kelewat minim, bukan mustahil Atletico akan mempertahankan Leo Franco dan Abiati di musim depan.